Install dan Konfigurasi Nginx Reverse Proxy

Install dan Konfigurasi Nginx Reverse Proxy – Nginx adalah salah satu web server terkemuka dan salah satu web server yang paling banyak digunakan di dunia, alasannya karena nginx dapat dikustomisasi dan sangat oprekable, banyak alasan lain juga menggunakan Nginx, salah satunya karena Nginx gratis dan open sources serta banyak tutorial di mana – mana tentang web server ini.

Pada tutorial kali ini Aku akan membahas bagaimana cara Install Nginx dan Mengkonfigurasikan Nginx sebagai Reverse Proxy, sebenarnya hal ini akan berguna pada beberapa studi kasus seperti Anda akan memforwarding koneksi dari local  ke publik, Nginx Reverse Proxy adalah jawabannya, dan berikut panduannya :

Installasi Nginx

Pertama tentu hal yang harus Anda lakukan adalah Installasi Nginx, di sini saya sarankan menggunakan Ubuntu Versi 20.04 LTS ataupun distro linux favorit Anda terserah, namun pada panduan kali ini Aku menggunakan Ubuntu 20.04.

sudo apt-get install nginx

Nonaktifkan Virtual Host

Setelah Nginx berhasil terinstall, nonaktifkan default virtual host agar tidak terlink ke default direktori.

sudo unlink /etc/nginx/sites-enabled/default

Nginx Reverse Proxy

Setelah menonaktifkan default virtual host, langkah selanjutnya adalah membuat reverse-proxy.conf dalam direktori nginx (/etc/nginx/sites-available) untuk menyimpan konfigurasi dari nginx reverse proxy. Langkahnya adalah masuk ke dir tersebut.

cd /etc/nginx/sites-available/

lalu buat file reverse-proxy.conf, dengan nano atau editor text favorit Anda.

nano reverse-proxy.conf

Dan berikut adalah konfigurasi dasar dari nginx reverse-proxy.conf, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

server {
listen 80;
location / {
proxy_pass http://192.x.x.2;
}
}

Noted : 192.x.x.2 adalah alamat local Anda, silahkan ganti dan sesuaikan, terkait konfigurasi nginx reverse-proxy lebih lanjut dapat Anda lihat pada halaman Nginx langsung, di sini.

Leave a Comment